Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP ADMINISTRASI UMUM KD 10

 https://www.alasbanyu.com

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah           : SMK HKTI 1 PURWAREJA KLAMPOK
Kompetensi Keahlian : Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Mata Pelajaran           : Administrasi Umum
Kelas / Semester        : X/2
Pertemuan Ke-           : 1 dan 2 ( 2 kali pertemuan)
Alokasi Waktu             : 4 x 45 Menit

 A.     Kompetensi Inti :

1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4.  Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan  prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

B.      Kompetensi Dasar

1.1.Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas pemberian amanah untuk mengelola administrasi keuangan entitas.

1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan laporan keuangan yang mudah dipahami, relevan, andal, dan dapat diperbandingkan

2.1. Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang administrasi umum

2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan mata pelajaran administrasi umum

2.3. Menghargai kerja individu dan kelompok serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam menjaga keselarasan lingkungan sosial, lingkungan kerja dan alam.

3.10 Menerapkan komunikasi di tempat kerja

4.10 Melakukan komunikasi di tempat kerja


C.     Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, model kooperatif, peserta didik mampu:

1.     Menjelaskan pengertian komunikasi kantor

2.     Menjelaskan fungsi dan tujuan komunikasi kantor

3.     Menjelaskan bentuk dan sifat komunikasi kantor

4.     Mengidentifikasi unsur-unsur komunikasi

5.     Menjelaskan teknik dan proses komunikasi kantor

6.     Menjelaskan tatanan dan etika dalam berkomunikasi

7.     Melakukan komunikasi kantor

D.     Materi Pembelajaran :

1.     Pengertian komunikasi

Komunikasi adalah penyampaian warta yang mengandung macam-macam keterangan dari seseorang kepada orang lain. Dengan kata lain, komunikasi merupakan proses penyampaian pikiran, informasi, peraturan, atau instruksi agar terjadi pemahaman sehingga memberikan hal tindakan atau umpan balik yang efektif

2.     Bentuk-bentuk komunikasi

Ada bermacam bentuk komunikasi yang semuanya bergantung pada sudut pandang berikut.

    • Dari segi penyampaian pesannya, komunikasi dapat dilakukan secara lisan dan secara tertulis, atau secara elektronik melalui radio, televisi, telepon, internet, dan sebagainya.
    • Dari segi kemasan pesan, komunikasi dapat dilakukan secara verbal (dengan berbicara) atau dengan nonverbal (dengan bahasa isyarat). Komunikasi verbal diwakili dalam penyebutan kata-kata, yang pengungkapannya dapat dengan lisan atau tertulis.  Komunikasi nonverbal: terlihat dalam ekspresi atau mimik wajah, gerak tangan, mata, dan bagian tubuh lainnya.
    • Dari segi kemasan keresmian pelaku komunikasi, saluran komunikasi yang digunaka, dan bentuk kemasan pesan, komunikasi dapat dikategorikan sebagai bentuk komunikasi formal dan nonformal.
    • Dari segi pasangan komunikasi, komunikasi dapat dilihat sebagai:

a. komunikasi intrapersonal (intra personal communication), yaitu proses komunikasi dalam diri komunikator: pengirim dan pesannya adalah dirinya sendiri. (Manusia sebagai makhluk rohani)

b. komunikasi interpersonal (interpersonal communication), yaitu interaksi tatap muka antara dua orang atau lebih yang pihak pengirimnya dapat menyampaikan pesan secara langsung, dan penerima pesan dapat menerima dan menanggapinya secara langsung pula.(Manusia sebagai makhluk sosial).

3.     Fungsi-fungis komunikasi

Menurut Scott dan Mitchell (1976), komunikasi mempunyai empat fungsi penting.

    • Fungsi kontrol, komunikasi formal dapat dilakukan untuk mengontrol karyawan dengan menanyakan ulang deskripsi pekerjaannya, kepada siapa ia harus melaporkan pekerjaannya, dan hal-hal lain yang membutuhkan komunikasi dengan atasan mereka. Fungsi ini berjalan jika karyawan diwajibkan untuk menyampaikan keluhan terkait dengan pelaksanaan tugas kewajiban karyawan itu di dalam perusahaan;
    • Fungsi motivasi, fungsi ini biasanya dilakukan melalui pemberian feedback kepada bawaahn mengenai apa yang telah mereka lakukan, sebaik apa mereka mengerjakannya, dan apa yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kinerjanya pada masa depan. Fungsi ini berjalan ketika manajer meningkatkan kinerja karyawan.
    • Fungsi emosi, pada dasarnya tujuan bekerja adalah melakukan interaksi sosial. Salah satu bentuk interaksi sosial adalah komunikasi yang masing-masing anggota organisasi dapat mengekspresikan emosi yang menunjukkan kekecewaan ataupun rasa puas mereka.
    • Fungsi informasi, berhubungan dengan memperlancar pengambilan keputusan yang dapat dilakukan oleh pihak manajemen, untuk mengenali dan menilai berbagai alternatif.

4.     Prinsip-prinsip komunikasi

    • Komunikasi adalah suatu sistem simbolik
    • Setiap perilaku mempunyai potensi komunikasi
    • Komunikasi mempunyai dimensi isi dan hubungan
    • Komunikasi berlangsung dalam berbagai tingkat kesengajaan
    • Komunikasi terjadi dalam konteks ruang dan waktu

5.     Komunikasi efektif

Aspek-aspek yang termasuk dalam komunikasi yang efektif.Untuk mencapai komunikasi yang efektif, ada beberapa faktor yang memengaruhi.Adapun faktor-faktornya adalah sebagai berikut.

    • Tepat waktu dan tepat sasaran: ketepatan waktu dalam menyampaikan komunikasi harus benar-benar diperhatikan. Apabila penyampaian komunikasi tersebut terlamabat, kemungkinan isi surat tersebut tidak bermanfaatnya lagi.
    • Lengkap. Selain harus mudah dimengerti oleh penerima komunikasi, komunikasi harus lengkap sehingga tidak menimbulkan keraguan bagi penerima komunikasi. Hal ini karena meskipun komunikasi mudah dimengerti, apabila komunikasi tersebut kurang lengkap, hail itu menimbulkan keraguan bagi penerima komunikasi sehingga pelaksanaan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.
    • Memerhatikan situasi dan kondisi: dalam menyampaikan suatu komunikasi, apalagi bilamana komunikasi yang harus disampaikan tersebut merupakan hal-hal penting yang memerlukan pengertian secara mendalam, faktor situasi dan kondisi yang tepat perlu diperhatikan. Apabila situasi dan kondisi dirasakan kurang tepat dan komunikasi yang akandisampaikan tersebut dapat ditunda, sebaiknya penyampaian komunikasi tersebut ditangguhkan.
    • Menghindarkan kata-kata yang tidak enak. Agar komunikasi yang disampaikan mudah dimengerti dan diindahkan, perlu dihindarkan kata-kata yang kurang baik, yaitu kata-kata yang dapat menyinggung perasaan penerima informasi
    • Persuasi dalam komunikasi. Sering, manajer harus mengubah sikap, tingkah laku, dan perbuatan orang-orangnya sesuai dengan yang diinginkan. Untuk itu, pelaksanaan komunikasi harus disertai dengan persuasi.

 

E.      Media, Alat dan sumber belajar :

a.     Media Belajar

-          Gambar jaringan Komunikasi

-          Lembar Kerja Siswa (LKS)

-          Lembar Diskusi Kelompok

b.     Alat :

-          Laptop

-          LCD

c.     Sumber Belajar

-          Buku Paket Administrasi

-          Modul Administrasi

-          Koran, Majalah, atau sumber referensi lain

 

F.      Metode Pembelajaran :

  1. Pendekatan pembelajaran ilmiah/scientific
  2. Model pembelajaran Discoevry Learning
  3. Metode Ceramah, Diskusi, Presentasi

Posting Komentar untuk "RPP ADMINISTRASI UMUM KD 10"