Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP ADMINISTRASI UMUM KD 11

RPP ADMINISTRASI UMUM KD 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

( RPP )

Nama Sekolah            : SMK HKTI 1 PURWAREJA KLAMPOK
Kompetensi Keahlian : Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Mata Pelajaran           : Administrasi Umum
Kelas / Semester        : X/2
Pertemuan Ke-           : 1 dan 2 ( 2 kali pertemuan)
Alokasi Waktu             : 4 x 45 Menit

 

A.     Kompetensi Inti :

1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4.  Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan  prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

B.      Kompetensi Dasar

1.1. Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas pemberian amanah untuk mengelola administrasi keuangan entitas.

1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan laporan keuangan yang mudah dipahami, relevan, andal, dan dapat diperbandingkan

2.1. Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang administrasi umum

2.2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan mata pelajaran administrasi umum

2.3. Menghargai kerja individu dan kelompok serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam menjaga keselarasan lingkungan sosial, lingkungan kerja dan alam.

3.11 Menerapkan tata cara/prosedur pencatatan keuangan sederhana

4.11 Melakukan pencatatan keuangan sederhana


C.     Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, model problem based learning, peserta didik mampu:

1.     Menjelaskan pengertian keuangan sederhana

2.     Mengidentifikasi laporan-laporan dalam pencatatan keuangan sederhana

3.     Menguraikan prosedur/tata cara pencatatan keuangan sederhana

4.     Mempersiapkan data untuk menghasilan laporan keuangan sederhana

5.     Menyusun laporan keuangan sederhana

D.     Materi Pembelajaran :

1.     Pengertian keuangan sederhana

Merupakan hasil akhir dari suatu proses pencatatan, yang berupa ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan

2.    Tujuan pencatatan keuangan sederhana

-       Mengetahui kondisi keuangan bisnis yang dijalankan

-       Mencegah bisnis mati

-       Sebagai bahan dasar dokumen untuk melakukan proses akuntansi

-       Keperluan lain yang berkaitan dengan entitas usaha

3.     Bentuk laporan keuangansederhana

a.     Arus kas

Arus kas atau aliran kas adalah catatan harian mengenai pengeluaran dan pemasukan keuangan dari usaha yan gdijalankan. Diusahakan setiap ada pengeluaran dan pemasukan itu harus dicatat.

Catatan mengenai arus kas sangatlah penting. Pasalnya, catatan arus kas  merupakan bahan dasar untuk membuat laporan keuangan yang lain. Dari catatan sederhana inilah suatu usaha bisa dianalisis. Sebaiknya, dibedakan buku untuk pos pengeluaran dan pendapatan. Dari catatan harian inidapat membuat rekapitulasi per bulan. Inilah yang disebut laporan arus kas (cash-flow).

b.     Neraca

Neraca penting dibuat setidaknya setahun sekali, untuk mengetahui nilai perusahaan dari waktu ke waktu. Saat awal perusahaan, neraca perusahaan biasanya hanya terdiri dari modal awal dan utang serta aset yang diperoleh dari belanja modal tersebut. Aset termasuk sebagai aktiva, sementara utang dan modal masuk sebagai pasiva.

Seiring waktu, aset perusahaan bisa bertambah, bisa pula terjadi utang-piutang, atau cadangan kas menjadi berkurang atau bertambah, dan lain-lain. Nilai perusahaan bisa saja bertambah atau berkurang karena perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian. 

c.     Laporan laba rugi

Laporan rugi laba ini berisi pendapatan dikurangi dengan biaya-biaya sehingga diketahui apakah usaha tersebut mengalami keuntungan atau mungkin mengalami kerugian. Perlu diingat mengeluarkan faktor aset, modal, barang, dan utang dari laporan keuangan ini.

Untuk pembukuan sederhana dapat digunakan metode garis lurus.  Asumsi metode ini: menganggap sebuah barang mempunyai masa pakai tertentu dan nilai penyusutannya adalah pembagian antara harga pembeliannya dengan masa pakainya.

 

E.      Metode Pembelajaran :

  1. Pendekatan pembelajaran ilmiah/scientific
  2. Model pembelajaran problem based learning
  3. Metode Ceramah, Diskusi, Presentasi

Posting Komentar untuk "RPP ADMINISTRASI UMUM KD 11"