Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP AKUNTANSI DASAR KD 10

RPP AKUNTANSI DASAR KD 10

Nama Sekolah           : SMK HKTI 1 PURWAREJA KLAMPOK
Kompetensi Keahlian : Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Mata Pelajaran           : Akuntansi Dasar
Kelas / Semester        : X/2
Pertemuan Ke-           : 1, 2 dan 3 ( 3 kali pertemuan)
Alokasi Waktu             : 6 x 45 Menit

A.     Kompetensi Inti :

1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4.  Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan  prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

B.      Kompetensi Dasar

1.1.Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas pemberian amanah untuk mengelola administrasi keuangan entitas.

1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan laporan keuangan yang mudah dipahami, relevan, andal, dan dapat diperbandingkan

2.1.Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang akuntansi dasar

2.2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan prinsip etika profesi bidang akuntansi dasar

2.3.Menghargai kerja individu dan kelompok serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam menjaga keselarasan lingkungan sosial, lingkungan kerja dan alam.

3.10.Menganalisa transaksi jurnal penyesuaian

4.10.Membuat jurnal penyesuaian


C.     Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, model kooperatif, peserta didik mampu:

1.     Menjelaskan pengertian jurnal penyesuaian

2.     Mengidentifikasi informasi atau data keuangan yang membutuhkan penyesuaian

3.     Menjelaskan langkah pencatatan transaksi penyesuaian

4.     Membuat kolom jurnal penyesuan

5.     Mencatat jurnal penyesuaian

D.     Materi Pembelajaran :

1.     Jurnal penyesuaian

Pada akhir periode akuntansi, banyak saldo akun di buku besar yang dapat dilaporkan tanpa perubahan apapun dalam laporan keuangan. Meskipun begitu, pada akuntansi berbasis akrual beberapa akun dalam buku besar memerlukan pemutakhiran (updating).  Analisis dan pemutakhiran akun-akun pada akhir periode sebelum laporan keuangan disiapkan disebut denganproses penyesuaian (adjusting process). Sedangkan ayat jurnal yang memutakhirkan saldo akun pada akhir periode akuntansi disebut dengan ayat jurnal penyesuaian (adjusting entries).

 

2.     Jenis akun yang memerlukan penyesuaian

-   Ada empat akun yang memerlukan ayat jurnal penyesuaian. Golongan pertama adalah golongan yang melibatkan penerimaan atau pengeluaran kas di awal, yaitu beban dibayar dimuka (prepaid expense) dan pendapatan diterima dimuka (unearned revenues). Golongan ini sering disebut dengan akun tangguhan (deferral). Golongan kedua adalah golongan yang melibatkan penerimaan atau pengeluaran kas dibelakang, yaitu akruan pendapatan (accrued revenues) dan akruan beban (accrued expense).

-      Beban dibayar dimuka (prepaid expense) yang kadang disebut juga beban yang ditangguhkan (deffered expense) adalah akun yang awalnya dicatat sebagai aset karena kasnya telah dibayarkan, padahal jasa atau barangnya belum diterima. Aset ini kemudian berubah menjadi beban seiring dengan berlalunya waktu atau melalui operasi normal usaha. Bahan habis pakai (supplies), sewa dibayar dimuka, dan asuransi dibayar dimuka adalah dua contoh beban dibayar dimuka yang memerlukan penyesuaian pada akhir periode akuntansi.

-  Pendapatan diterima dimuka (unearned revenues), kadang disebut juga pendapatan yang ditangguhkan (deffered revenues) adalah akun yang awalnya dicatat sebagai kewajiban karena kasnya telah diterima dimuka padahal jasa atau barangnya belum diberikan kepada pelanggan. Kewajiban ini berubah menjadi pendapatan seiring dengan berlalunya waktu atau melalui operasi normal usaha. Contoh pendapatan diterima dimuka dan sewa diterima dimuka. Contoh transaksi yang masuk sebagai pendapatan diterima dimuka adalah menerima pendapatan dimuka atas pesanan barang yang terjadi dibulan yang akan datang.

-  Akruan pendapatan (accrued revenues) atau piutang pendapatan adalah pendapatan yang telah dihasilkan, tetapi belum dicatat di akun pendapatan. Contohnya adalah imbalan jasa yang telah diberikan oleh seorang pengacara, namun belum ditagihkan ke kliennya pada akhir periode.

-    Akruan beban (accrued expense) atau beban yang masih harus dibayar adalah beban yang telah terjadi tetapi belum dicatat ke akun beban. Contoh akruan beban adalah utang gaji kepada karyawan pada akhir periode, contoh lain utang bunga wesel, utang bunga, dan utang pajak.

3.     Macam ayat jurnal penyesuaian

-  Beban terutang

RPP AKUNTANSI DASAR KD 10

-   Pendapatan yang masih haris diterima

RPP AKUNTANSI DASAR KD 10

-   Penyusutan aktiva

RPP AKUNTANSI DASAR KD 10

-    Beban dibayar dimuka/piutang beban

   Dicatat sebagai harta

RPP AKUNTANSI DASAR KD 10

RPP AKUNTANSI DASAR KD 10

Dicatat sebagai beban

RPP AKUNTANSI DASAR KD 10

RPP AKUNTANSI DASAR KD 10

-   Pemakaian perlengkapan

RPP AKUNTANSI DASAR KD 10

-    Pendapatan diterima dibuka/utang pendapatan

   Pendapatan dicatat sebagai utang

RPP AKUNTANSI DASAR KD 10

RPP AKUNTANSI DASAR KD 10 

Pendapatan dicatat sebagai pendapatan

RPP AKUNTANSI DASAR KD 10

RPP AKUNTANSI DASAR KD 10

E.      Media, Alat dan sumber belajar :

a.     Media Belajar

-          Lembar Kerja Siswa (LKS)

-          Lembar Diskusi Kelompok

-          Tayangan langkah penyelesaian jurnal penyesuaian

b.     Alat :

-          Laptop

-          LCD

c.     Sumber Belajar

-          Buku paket Akuntansi Dasar dari Kemendikbud

-          Modul Akuntansi Dasar, Sohidin-LPA mitrabijak Surakarta

-          Buku Paket Akuntansi Dasar referensi lain

-          Lembar Kerja Siswa (LKS) Akuntansi Dasar

-          Media massa cetak dan elektronik

 

F.      Metode Pembelajaran :

  1. Pendekatan pembelajaran ilmiah/scientific
  2. Model pembelajaran kooperatif
  3. Metode Ceramah, Diskusi Kelompok, Presentasi

Posting Komentar untuk "RPP AKUNTANSI DASAR KD 10"