Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KARAKTERISITIK PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang siap dijual atau dipasarkan ke konsumen.

Aktivitas perusahaan manufaktur adalah menghasilkan barang setengah jadi atau barang jadi melalui proses pengolahan bahan baku terlebih dahulu.sebelum dijual kepada konsumen. Adapun jenis pengeluaran di perusahaan manufaktur untuk mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi meliputi 3 unsur:
a. Biaya pemakaian bahan baku
b. Biaya tenaga kerja langsung
c. Biaya produksi lainnya, yaitu biaya di luar dari bahan baku dan tenaga kerja langsung.

Istilah biaya atau cost adalah merupakan pengorbanan sumber ekonomi atau modal dapat diukur dengan nilai uang baik yang sudah terjadi (masuk ke dalam akun beban), ataupun yang belum terjadi (masuk ke dalam akun harta) untuk tujuan pengambilan keputusan.
Kemudian selama proses produksi berlangsung dengan menggunakan mesin produksi tentunya perusahaan akan menghitung beban penyusutan. Penghitungan beban penyusutan bisa dilakukan setiap bulan atau tahunan atau berdasarkan unit yang dihasilkan. Inilah yang disebut expense.

Istilah Cost bisa dipakai untuk istilah biaya atau harga pokok atau harga perolehan atau harga beli. Di akuntansi manufaktur istilah cost sama dengan biaya. Sedangkan expense dipakai untuk istilah beban.
Kalau “cost” indentik dengan nilai barang modal yang dibeli, kalau expense indentik dengan nilai barang modal yang sudah terpakai atau susut.

a. Berbasis elemen produk (bahan, tenaga kerja dan overhead pabrik)
  • Biaya bahan terdiri dari biaya bahan baku dan biaya bahan penolong.
  • Biaya tenaga kerja terdiri dari biaya tenaga kerja langsung dan biaya tenaga kerja tidak langsung.
  • Biaya overhead pabrik adalah semua biaya produksi selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.
b. Berbasis keterlacakan dengan produk (biaya langsung dan biaya tak langsung)
  • Biaya langsung adalah biaya yang terjadi secara langsung untuk proses produksi.
  • Biaya tak langsung adalah biaya yang terjadi secara tidak langsung untuk membantu proses produksi.
c. Berbasis hubungannya dengan produksi (biaya prima dan biaya konversi)
  • Biaya prima disebut juga biaya utama adalah biaya yang secara langsung berhubungan dengan produksi, biaya utama terdiri dari biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.
  • Biaya konversi adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk mengubah bahan baku menjadi produk jadi. Biaya konversi terdiri dari biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.
d. Berbasis hubungannya dengan volume (biaya variabel, biaya tetap)
  • Biaya variabel adalah biaya yang bisa berubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan. Sementara secara per unit jumlahnya tetap.
  • Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah meskipun volume kegiatan berubah. Volume kegiatan berubah maka akan mempengaruhi perubahan unit.
e. Berbasis area fungsional ( biaya produksi, biaya pemasaran dan biaya administrasi)
  • Biaya produksi adalah biaya-biaya yang terjadi dalam suatu proses produksi yang meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.
  • Biaya pemasaran adalah biaya komersial yang terjadi karena adanya penjualan atau pemasaran produk jadi kepada konsumen.
  • Biaya administrasi adalah biaya yang berhubungan dengan kegiatan pengaturan dan administrasi perkantoran suatu perusahaan diluar biaya produksi.
f. Berbasis Periode dibebankan pada pendapatan (biaya produk dan biaya periode)
  • Biaya produksi adalah semua unsur biaya baik biaya langsung maupun tidak langsung yang dapat dihubungkan langsung dengan produk jadi.
  • Biaya periode adalah semua unsur biaya baik biaya langsung maupun tidak langsung yang tidak dapat dihubungkan langsung dengan produk jadi.
Soal Essai
  1. Jelaskan perbedaaan antara perusahaan jasa, dagang dan manufaktur
  2. Jelaskan aktivitas dari perusahaan manufaktur
  3. Jelaskan perbedaan antara biaya (cost) dengan beban (expense)
  4. Jelaskan pengertian dari: 
Pilihlah jawaban yang tepat A, B, C, D atau E 

A. Perusahaan Manufaktur adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku untuk menjadi  barang setengah jadi yang siap dijual atau dipasarkan ke konsumen.  
B. Perusahaan Manufaktur adalah perusahaan yang kegiatannya membeli barang jadi tanpa mengolah bahan baku dan langsung dijual atau dipasarkan ke konsumen.  
C. Perusahaan Manufaktur adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang siap dijual atau dipasarkan ke konsumen.  
D. Perusahaan Manufaktur adalah perusahaan penyedia jasa proses produksi untuk menghasilkan barang jadi yang siap dijual atau dipasarkan ke konsumen.  
E. Perusahaan Manufaktur adalah perusahaan berskala besar yang kegiatannya mengolah bahan baku tanpa pengolahan lanjut oleh tenaga kerja langsung.  

A. Perusahaan jasa kegiatannya menjual jasa, perusahaan dagang kegiatannya menjual barang setengah jadi dan perusahaan manufaktur kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi lalu dijual ke konsumen. 
B. Perusahaan jasa kegiatannya menjual produk jadi, perusahaan dagang kegiatannya menjual barang dagang dan perusahaan manufaktur kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi lalu dijual ke konsumen. 
C. Perusahaan jasa kegiatannya menjual jasa, perusahaan dagang kegiatannya menjual barang dagang dan perusahaan manufaktur kegiatannya mengolah barang setengah jadi menjadi  barang jadi lalu dijual ke konsumen. 
D. Perusahaan jasa kegiatannya menjual jasa, perusahaan dagang kegiatannya menjual barang dagang dan perusahaan manufaktur kegiatannya tidak mengolah bahan baku akan tetapi langsung menjual  ke konsumen. 
E. Perusahaan jasa kegiatannya menjual jasa, perusahaan dagang egiatannya menjual barang dagang dan perusahaan manufaktur kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi lalu dijual ke konsumen. 
 
A. Pembelian mesin produksi 
B. Biaya penyusutan aktiva tetap pabrik 
C. Biaya sewa gudang pabrik 
D. Biaya penerangan pabrik 
E. Biaya pemasaran 

A. Biaya utama suatu produk yang tidak dapat ditelusuri dan diidentifikasi ke produk jadi dan merupakan bagian terbesar dari proses produksi. 
B. Biaya utama suatu produk yang dapat ditelusuri dan tidak dapat diidentifikasi ke produk jadi dan merupakan bagian terbesar dari proses produksi. 
C. Biaya pembantu suatu produk yang dapat ditelusuri dan diidentifikasi ke  produk jadi dan merupakan bagian terbesar dari proses produksi. 
D. Biaya utama suatu produk yang dapat ditelusuri dan diidentifikasi ke produk jadi dan merupakan bagian terbesar dari proses produksi. 
E. Biaya utama suatu produk yang dapat ditelusuri dan diidentifikasi ke produk jadi dan merupakan bagian terkecil dari proses produksi. 
 
A. Semua bahan yang bukan termasuk bahan baku. 
B. Semua gaji dan upah yang bukan termasuk tenaga kerja langsung. 
C. Semua bahan yang sudah melekat di produk jadi 
D. Bahan mentah yang siap diolah. 
E. Semua bahan penolong yang mudah diolah. 

A. Sebagian tenaga kerja yang melaksanakan proses produksi dan dapat ditelusuri ke produk jadi 
B. Semua tenaga kerja yang melaksanakan proses produksi dan tidak dapat ditelusuri ke produk jadi 
C. Semua tenaga kerja yang melaksanakan proses produksi dan dapat ditelusuri ke produk jadi 
D. Sebagian tenaga kerja yang melaksanakan proses produksi dan tidak dapat ditelusuri ke produk jadi 
E. Semua tenaga kerja yang tidak melaksanakan proses produksi dan dapat ditelusuri ke produk jadi 

A. Biaya tenaga kerja langsung dan tak langsung 
B. Biaya tenaga tidak langsung dan biaya bahan baku 
C. Biaya bahan baku dan bahan penolong 
D. Biaya overhead pabrik dan biaya tenaga kerja langsung 
E. Biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung 

A. Biaya bahan baku 
B. Biaya tenaga kerja tak langsung 
C. Biaya overhead pabrik 
D. Biaya penyusutan gedung pabrik 
E. Biaya asuransi pabrik 

A. Biaya gaji bagian kantor 
B. Biaya perlengkapan kantor 
C. Biaya asuransi 
D. Biaya penyusutan 
E. Biaya perlengkapan toko 

A. Biaya likuiditas 
B. Biaya pemasangan 
C. Biaya pemasaran 
D. Biaya bahan baku 
E. Biaya overhead pabrik 

Posting Komentar untuk "KARAKTERISITIK PERUSAHAAN MANUFAKTUR"